Menapaki Jabatan Fungsional Lektor Kepala

Lektor Kepala merupakan tingkatan Jabatan Fungsional (Jafung) dari seorang dosen yang memiliki keistimewaan tersendiri, diantaranya berhak menjadi Promotor mahasiswa S3, syarat jabatan struktural tertentu, Pembina/tim penilai DP3, dan lainnya

Lektor Kepala menjadi pintu gerbang untuk menjadi seorang Guru Besar/Profesor, walaupun bisa loncat dari Lektor menjadi Profesor, tapi itu untuk Dosen yang memiliki prestasi tersendiri. Bisa dikatakan Lektor Kepala jika di luar negeri setingkat dengan Associate Professor.

Seperti kita ketahui bahwa jenjang karir dosen terdiri dari 4 tingkatan jafung, asisten ahli – lektor – lektor kepala – profesor. Ikuti karir yang berjenjang tidak harus mengejar loncat tingkat, nikmatilah hidup sebagai dosen.

Jika melihat tabel diatas, lulus sekolah S3 atau bergelar Doktor akan mempermudah untuk mengejar poin 200 di pendidikan.

Pastikan 90% dari 200 didapat dari kegiatan Pengajaran, Pengabdian kepada Masyarakat, Penelitian, Pengembangan Diri memenuhi poin minimal.

Penunjang bisa dicari hingga 10% nya dari 200 poin.

Titik krusial untuk menjadi Lektor Kepala ada pada publikasi ilmiah. Persyaratkan publikasi untuk jafung lektor kepala adalah publikasi internasional bereputasi (Scopus/Wos). Tapi hati-hati dalam memilih publisher jurnalnya, jangan sampai salah memilih dan masuk jebakan predator jurnal.

Sering terjadi penolakan karena tidak memenuhi standar publikasi PAK Ristekdikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *